Breaking News

Wabah Covid-19, Masjid Anwari Pimpinan Parit Tiadakan Tarawih dan Witir Berjamaah

Sambas-Pelaksanaan puasa Ramadhan tahun ini menjadi suatu yang berbeda bagi Pengurus Masjid Anwari Pimpinan Parit Kabupaten Sambas mengingat banyak perubahan yang harus dilakukan akibat wabah Covid-19 yang terjadi di Indonesia.
Berbagai kegiatan yang merupakan agenda rutin tahunan Masjid Anwari Pimpinan Parit akhirnya harus ditiadakan dan dialihkan sebagai bentuk dukungan terhadap surat edaran dan peraturan pemerintah terkait upaya pencegahan Covid-19 dan pelaksanaan ibadah selama masa darurat Covid-19 pada Ramadhan 1441 Hijriah 2020.
Pelaksanaan shalat tarawih berjamaah dan witir berjamaah, Qiyamul Lail, I’tikaf, pada Ramadhan 1441 Hijriah di lingkungan Masjid Anwari Pimpinan Parit Kabupaten Sambas untuk sementara ditiadakan dan dialihkan beribadah di rumah masing-masing.
“Ramadhan tahun ini memang dirasakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, biasanya masyarakat di lingkungan Masjid Anwari Pimpinan Parit melaksanakan shalat tarawih dengan berjamaah. Tetapi untuk tahun ini mungkin tidak akan bisa terlihat mengingat shalat tarawih berjamaah tidak dilaksanakan di Masjid Anwari Pimpinan Parit” Ungkap Riohadi selaku Bendahara Umum Masjid Pimpinan Parit Kabupaten Sambas.
Lebih lanjut Rio menyatakan bahwa pada tahun-tahun sebelumnya Pengurus Masjid Anwari sudah menyiapkan berbagai agenda seperti buka puasa bersama, sahur bersama, dan berbagai kegiatan yang cukup banyak selama bulan Ramadhan.
“Untuk sahur dan buka puasa bersama biasanya kami bisa menyediakan konsumsi untuk sahur dan berbuka puasa mencapai 100 kotak. Tetapi tahun ini kami tidak melakukan kegiatan sahur dan buka puasa bersama karena mengikuti aturan pemerintah yang telah dikeluarkan”lanjutnya.
Riohadi menyatakan keputusan ini merupakan hal sulit tetapi mengingat situasi tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan shalat tarawih dan berbagai kegiatan yang menimbulkan kerumunan, maka Pengurus Masjid Anwari terpaksa mengambil langkah tegas.
“Jujur ini keputusan yang sangat sulit, mengingat kegiatan shalat tarawih merupakan sebuah pelaksanaan ibadah yang sangat ditunggu oleh umat Islam ketika Ramadhan”Jelasnya.
Riohadi berharap semoga wabah Covid-19 segera berakhir sehingga  bisa melaksanakan shalat tarawih berjamaah di Masjid Anwari sebagaimana biasanya dan bisa melaksanakan kegiatan agenda rutin yang dilaksanakan sebelumnya. (30/04/2020).

Penulis : Rasiska
Editor : Syarifah Na'ilah Azzahra

Tidak ada komentar