Breaking News

Wisata Kuliner Di tengah Pandemi Covid-19


Istimewa

Kubu Raya - Pasar Juadah yang diadakan disepanjang jalan Parit Karya Baru I menuju Pasar Amin Toba menjadi tempat wisata kuliner sambil menunggu waktu berbuka puasa,  Jum'at (01/05/20).

Pasar juadah yang dibuka oleh setiap pemilik warung membuat jalan semakin sempit dengan dipenuhi warna-warni jajan kue dipasar juadah tersebut. Meskipun ditengah wabah Covid-19 membuat pengunjung tak mundur untuk tetap berwisata kuliner dipasar juadah Amin Toba itu.

"Yang datang untuk membeli aneka kue serta lainnya tak hanya masyarakat yang tinggal disekitaran pasar Amin Toba, melainkan masyarakat yang tinggal diluar lingkungan pasar juga datang untuk membeli aneka jajanan di pasar juadah ini". Kata Rahmat salah satu penjual kue dipasar Amin Toba itu.

Pasar juadah sudah menjadi tradisi warga pasar Amin Toba setiap tahunnya. Meskipun Ramadhan kali ini berbeda dengan sebelumnya akibat pandemi Covid -19. Namun, hal itu tak menjadi penghalang untuk berjualan  dipasar juadah ini.

"Memang setiap tahun kita adakan pasar juadah dan setiap tahun juga saya berjualan disini, meskipun tahun ini agak berbeda dari puasa sebelumnya. Pendapatan juga menurun dibandingkan tahun sebelumnya", ujarnya.

Selain menjual aneka jajanan takjil mulai dari jenis kue tradisional, pasar juadah Amin Toba juga menyediakan jenis minuman dan lauk pauk untuk hidangan berbuka puasa. Pasar juadah Amin Toba di Parit Barya Baru I berlangsung hingga 2 hari menjelang lebaran.

"Banyaknya jenis kue ini adalah titipan dari masyarakat sekitar, lauk dan semacamnya. Iya setiap tahunnya memang kita jadwalkan pasar ini akan tutup sampai dengan dua hari sebelum lebaran idul Fitri", Kata Doni salah satu pemilik toko di pasar tersebut.

Anggun (23) salah satu pengunjung pasar juadah mengaku dengan adanya pasar juadah ini sebagai bentuk semangat kita dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan meskipun ditengah wabah Covid-19 saat ini.

"Sangat mengapresiasi sih dengan tetap adanya pasar juadah ini, jadi sebagai umat muslim yang menjalankan ibadah puasa itu semangat, padahal saat ini kan lagi ada wabah virus covid-19 yang mana semua harus jaga jarak,  fasilitas umum ditutup", jelasnya.

Penulis : Nilam Sari
Editor : Syarifah Na'ilah Azzahra

Tidak ada komentar