Breaking News

Daupasih : Covid-19 Membuat Puasa Tahun ini Jadi Berbeda


Sambas, Akcaya Pers- Umat muslim di seluruh dunia sedang menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19. Tidak terkecuali masyarakat yang berada di Selangkin Kabupaten Sambas.
Ibadah puasa tahun ini dirasa sangat berbeda jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut juga dirasakan oleh Daupasih, salah satu warga Dusun selangkin Kabupaten Sambas.

"Rasanya sedih. Kalau dulu moment yang  paling ditunggu dari Puasa ya Tarawih berjamaah, tadarusan, Buka bersama  teman teman. Tapi sekarang semuanya hanya bisa dilakukan di rumah." ucapnya saat diwawancarai pada Kamis, (30/4/20).

Hal ini Sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang dikeluarkan pada 16 Maret 2020 dan diteken oleh Ketua Komisi Fatwa MUI, Hasanuddin AF. Fatwa tersebut tertulis Shalat sunah Tarawih tidak diperkenankan untuk melaksanakan salat berjamaah di masjid.
Tak hanya itu, pemerintah desa setempat juga sudah lama tidak mengizinkan warga untuk beribadah di masjid selama pandemi ini.

"Di sini shalat jumat sudah beberapa minggu ditiadakan dan untuk shalat  wajib lainnya di anjurkan di rumah saja untuk menghindari kerumunan." tuturnya.

Meski demikian,   Daupasih tetap mengambil hikmah dari wabah ini. Ia yang juga berstatus Mahasiwa dan hanya tinggal bersama ibunya dikampung, sekarang memiliki waktu banyak  untuk lebih dekat dan bisa menemani ibunya dalam Puasa tahun ini.

"Kalau saja corona ini tidak ada, mungkin puasa tahun ini menjadi puasa pertama saya jauh dari ibu". Lanjutnya.

Ia juga berharap wabah Covid-19 segera berakhir dan lebaran nanti bisa berkumpul bersama keluarga besarnya.

"Semoga saja wabah ini cepat berakhir dan kita semua bisa merayakan hari kemenangan bersama keluarga dan yang paling terpenting selalu jaga kesehatan" tutupnya.




Penulis : Eni Astia
Editor : Syarifah Na’ilah Azzahra

Tidak ada komentar