Breaking News

Dampak Covid-19 Bagi Pekerja Ojek Motor


Abdurahman Aji adalah Pria berusia 50 tahun bertempat tinggal di Desa Batu Ampar, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu raya. kini Aji bekerja sebagai ojek motor ia menceritakan sudah memiliki keluarga istrinya bernama Aminah yang bekerja sebagai ibu rumah tangga dan mengambil upah dari mencucikan baju orang lain. Anaknya bernama Danu dan Rina, Danu baru saja Tamat SMK dan sekarang bekerja di Toko bangunan dekat rumahnya. Sedangkan Rina masih duduk di Sekolah Dasar yang sekarang belajar dirumah karena adanya pandemic ini.
Aji bekerja sebagai ojek motor dimulai sejak tahun 2000, ia pun mengatakan memilih pekerjaan ini karena ketika dulu orang-orang masih ramai menggunakan jasa ojek motor ini dan Aji pun meminjam motor abangnya untuk pekerjaan ini.
“Waktu dolok kerje ojek ginek ni dah bse cukopkan kebutuhan sehari-hari karne maseh ramai orang makai jasa ojek karne itulah saye milih pekerjaan ini dan dolok pun saye ni minjam motor abang saye sambil saye cicil motornye” ucapnya

Aminah juga meceritakan dulu ia bisa berjualan di depan rumahnya namun saat sekarang ini Aminah tak bisa lagi berjualan dan memilih bekerja mencucikan baju orang lain dan dibayar.

“Dolok saye jualan jajan-jajanan, kue-kue, es, indomi, sekarang karne barang mahal modal tak ade saye berenti jualan dah tu saye cucikan baju orang laen saye dibayar perbulan 200 ribu untok cukopkan kebutuhan” ungkapnya

Saat situasi seperti sekarang ini orang-orang sudah jarang menggunakan jasa ojek motor karena sudah banyak orang yang mempunyai motor ditambah lagi dengan adanya pancdemic Covid-19 semakin berkuranya penumpang ojek motor tetapi Aji memilih tetap bekerja seperti biasanya, Aji pun menceritakan dengan kondisi sekarang ini ia memilih membiarkan penumpang membayar bebas berapapun.

“Kondisi sekarang ni orang dh banyak punye motor mulai jarang dah yang nak makai jasa ojek ni ditambah gek ade corona ni makin sepi penumpang jadi saye pasang bayaran terserah penumpang nak bayar brape dari pade kite pasang harge biase tak ade orang yang makai jasa kite, walaupun gituk saye ikhlas menjalankannye,” tuturnya.

Selama membebaskan bayaran ojek motor tidak ada pula orang-orang yang menggunakan jasanya membayar Aji dengan harga yang sangat rendah. Sebelum Aji mengantarkan penumpangnya ia selalu mengatakan bayarannya bebas berapapun, aji pun menceritakan ide ini pun ia tidak mengambil keputusan sendiri ia bicarakan dulu ke istri dan anak-anaknya ia tidak mau ketika sudah melakukan ide ini dan keluarganya baru tau dan tidak setuju justru malah jadi masalah dikeluargnya
Dengan membebaskan penumpang membayar berapapun tidak masalah bagi Aminah selagi kebutuhan sehari-hari masih bisa terpenuhi, Aminah pun mengatakan masih ada anaknya yang pertama dan dirinya yang membantu perekonomian keluarga.

“Saye sih dak masalahakan kalau harus orang yang naek ojek motor bebas bayar brape yang penting ade pemasukan dan ade saye sme anak yang pertame kerje bantu perekonomian biar kebutuhan bise terpenuhi”

Aji juga menambahkan pendapatannya dari dulu hingga sekarang semakin berkurang dan sekarang dengan adanya Pandemic ini bahkan sehari tidak ada pendapatan dalam sehari. Aji juga memiliki langganan yang selalu menggunakan jasa ojek motornya walaupun tidak setiap hari. Pelanggannya juga sering membayarnya lebih

“Pendapatan saye sehari waktu dolok sekitar 100-250 ribu sehari dan sekarang sebelom adenye corona ni hanye 40-80 ribu sehari setelah ade corona ni pendapatan hanye 5-30 ribu sehari bahkan ndak ade penghasilan same sekali dalam sehari” ujarnya
Biaya sekolah anak-anaknya ia dapatkan dari hasil ojek motornya dan setelah Aminah membuka usaha jualan jajananya hasilnya juga digunakan untuk membantu biaya sekolah anak-anaknya. Ketika di Sekolah anaknya yang pertama Danu juga menjajakan es lilin dan kue-kue.

"Biaya sekolah tu sih cuman untok beli pakaian sekolah dan untok beli perlengkapan tulisnye dan juga tasnye, kadang ade dapat gratis gak tu dari sekolah, untok biaya sekolah sih alhamdulillah sekolahnye gratis,”  ungkap Aji ketika diwawancara

Harapan terbesar Aji selama pandemic ini pemerintah dapat membantu orang-orang yang perekonomian rendah, dan Covid-19 ini secepatnye berakhir agar semua kembali normal, orang-orang kembali ramai menggunakan jasa ojek motornya. Anaknya Rina bisa masuk sekolah kembali belajar seperti biasanya dan Danu bekerja dulu menabung dan setelah itu Aji berharap Danu bisa melanjutkan kuliah di perguruan tinggi agar bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

PENULIS  : IKHSAN NUR HAFIZI
EDITOR : SYARIFAH NA'ILAH AZZAHRA

Tidak ada komentar