Breaking News

Pengalaman Menjalani Bulan Ramadhan di Berlin, Jerman




Pontianak, Akcaya Pers – Ramadhan menjadi bulan yang sangat ditunggu – tunggu oleh para umat Islam di seluruh belahan dunia, termasuk Mochammad Ragil Cristian, muslim Indonesia yang sempat tinggal di Berlin, Jerman pada 2019 lalu.

Jerman adalah kampung halaman kedua bagi pria berumur 21 tahun ini.  Meskipun sudah beberapa kali menjalani bulan suci Ramadhan di Jerman, namun tetap saja bulan suci Ramadhan di Indonesia menjadi tempat terbaik baginya.

Mahasiswa jurusan Marketing of Enterpreneurship semester akhir ini berkata bahwa pengalamannya selama Ramadhan di sana  banyak tantangannya, di mana di sana berpuasa kurang lebih 19 jam. dan perbedaan dengan di Indonesia sangat jelas. Seperti yang kita ketahui di Indonesia semua umat merayakan Ramadhan dengan suka cita, sedangkan di sana tidak semuanya bahkan mereka hanya kaum minoritas yang tidak semuanya berpuasa. Perbedaanya di Indonesia setiap mau menjelang maghrib suka banyak orang yang berjualan takjil tetapi di sana sangat berbeda, tidak ada pedangang takjil terlihat berjualan di sepanjang ruas jalan.

Meskipun begitu, bagi Ragil pergi ke Masjid Al – Falah, Berli yang terletak di Perleberger Str. 61 ini merupakan pengobat rindunya akan suasana berpuasa di Indonesia. Di masjid tersebut sering mengadakan buka bersama yang dimana disajikan takjil khas Indonesia. Di sana jugalah ia baru bisa bertemu sesama orang Indonesia dan bercengkrama menggunakan bahasa tanah airnya sendiri, Bahasa Indonesia. Bahkan tak jarang menurut penuturannya, ia bertemu dengan orang satu kampung halaman disana, yaitu Tasikmalaya.
Duduk bersama dan berbuka puasa menjadi moment yang sangat dirindukan mahasiswa sekaligus pemilik usaha Cafe ini selama bulan Ramadhan.

“Aku hanya berpuasa sendiri di keluarga tanpa ada yang menemani, tapi mereka saling mendukung satu sama lain dan juga saling menghargai akan keyakinan masing – masing.” tuturnya.  (05/01/2020)

Penulis : Ashiela Ayu Anindya
Editor : Syarifah Na'ilah Azzahra

Tidak ada komentar